4

Khasiat Buah Pepaya

Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara, yang telah lama menyebar luas dan banyak ditanam di wilayah-wilayah tropis, termasuk Indonesia. Tanaman pepaya ini dikenal sebagai tanaman multiguna karena hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat bagi manusia maupun hewan, mulai dari akar hingga ke daunnya, dengan memanfaatkannya sebagai makanan, minuman, obat-obatan, alat kecantikan maupun sebagai pakan ternak.


      Selama ini Anda mungkin sering mengkonsumsi pepaya karena rasanya yang unik, harganya murah dan mudah didapatkan. Namun Anda juga mungkin belum mengetahui, bahwa dengan mengkonsumsi pepaya secara tidak sadar Anda juga telah menyehatkan badan Anda. Sebetulnya, apa sajakah khasiat buah pepaya untuk kesehatan tubuh kita? Cekidot gan..!

Meningkatkan imunitas tubuh

Mengkonsumsi buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda dari serangan penyakit. Hal tersebut dikarenakan oleh kandungan vitamin A dan vitamin B yang diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh terdapat dalam pepaya. Maka dari itu, penyakit yang diakibatkan oleh penurunan imunitas seperti batuk, pilek, flu dan infeksi dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah pepaya ini.

Melindungi dari radikal bebas

Buah pepaya juga mengandung vitamin C, vitamin E, asam panthotenic, asam folat, flavonoid, magnisium, mineral, serat dan kalium yang berfungsi sebagai antioksidan. Sebagaimana diketahui, antioksidan berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas.

Membantu penyembuhan luka

Buah pepaya dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka, terutama luka bakar, karena di dalamnya terkandung enzim papain dan enzim chymopapain yang berguna untuk mengurangi peradangan dan membuang jaringan kulit mati dari kulit yang terluka. Selain itu, beberapa penyakit lain juga dapat menjadi lebih parah saat tubuh mengalami peradangan. Untuk itulah, buah pepaya juga direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sakit.

Mencegah kanker

Salah satu khasiat penting buah pepaya bagi tubuh adalah dapat mencegah kanker, khususnya kanker usus besar. Hal ini dimungkinkan karena pepaya memiliki kandungan antioksidan dan serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu mereka yang mengalami kesulitan dalam buang air besar. Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak pepaya kering dapat menahan pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan kejantanan pria

Pepaya mampu meningkatkan keperkasaan pria karena mengandung enzim yang disebut arginin. Dalam dunia medis, arginin dikenal sebagai zat yang dapat meningkatkan aliran darah di sekitar kemaluan pria. Zat ini juga berfungsi untuk meningkatkan asam nitrat dalam tubuh sehingga mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah yang mensuplai kemaluan. Dengan demikian, pembuluh darah tersebut akan membesar dan aliran darah menuju kemaluan pun akan meningkat.

Mencegah penyakit paru-paru

Buah pepaya sangat berguna untuk orang-orang yang memiliki paru-paru lemah karena mengandung vitamin A dalam kadar yang cukup banyak. Dengan demikian, mengkonsumsi pepaya akan membuat tubuh mereka lebih tahan terhadap penularan penyakit seperti bronkhitis yang diakibatkan oleh paru-paru yang lemah tersebut.

Mengendalikan penuaan dini

Buah pepaya dipercaya oleh para ahli dapat mengendalikan penuaan dini dengan cara membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Saat tubuh mencerna dengan baik semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka tubuh pun akan lebih sehat dan fungsi-fungsi organ tubuh pun akan berjalan dengan lancar.

Mencegah stroke dan penyakit jantung

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan serat dan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam hati dan otomatis menurunkan kadarnya. Dengan turunnya kadar kolesterol dalam darah, maka Anda juga akan terhindar dari resiko terserang stroke dan penyakit jantung. Selain itu, khasiat buah pepaya juga untuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah dan jantung karena mengandung asam folat yang dapat membasmi zat-zat berbahaya perusak dinding pembuluh darah yang mengakibatkan serangan jantung.


Share this post :

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar :

• Jangan menggunakan bahasa yang tidak sopan dan mengandung Politik,
Sara, Pornografi serta Menyinggung.
• Bentuk komentar tidak bernilai keagamaan.
• Tidak di ijinkan menampilkan link (URL).
• Dilarang promosi saat berkomentar.

Jika melanggar kriteria di atas, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung.
by Aneka Informasi

 
Design by: Darmanto.com. Modified by: Aneka Informasi
Copyright © 2012. Aneka Informasi . All Rights Reserved
Created by: Creating Website. Published by: Mas Template
Powered by Blogger
Top Bottom