4

Khasiat Asparagus

Asparagus, salah satu sayuran penuh nutrisi yang bisa dinikmati dengan cara mengolahnya sebagai sup atau tumis. 
Mau tahu berbagai khasiat penting dari asparagus? 
Simak selengkapnya berikut ini.




  1. Asparagus kaya akan serat dan protein, kedua nutrisi yang mendukung kesehatan pencernaan serta sistem kekebalan tubuh.
  2. Asparagus dikenal sebagai agen anti inflamasi yang melindungi tubuh dari ancaman penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
  3. Ada antioksidan bernama glutathione dalam asparagus yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
  4. Asparagus adalah sumber vitamin K yang baik untuk membantu darah cepat membeku sekaligus memperkuat tulang.
  5. Ada kandungan karbohidrat unik dalam asparagus yang disebut inulin. Nutrisi tersebut tidak akan bisa dicerna sampai sistem pencernaan di usus besar, sehingga penikmat asparagus berisiko kecil terkena kanker usus besar.
  6. Karena asparagus mengandung vitamin B tinggi, mengonsumsinya mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Peneliti menemukan bahwa konsumsi asparagus secara teratur bisa menjaga tingkat gula darah tetap stabil dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Insulin dibutuhkan untuk membantu menyerap glukosa dalam darah. Saat ini jutaan orang telah mengalami penyakit diabetes. Para ilmuwan memperkirakan bahwa pada tahun 2030 angka kasus diabetes akan semakin meningkat. Banyak orang yang telah terkena diabetes, namun tak menyadarinya karena tak menemukan tanda-tanda. Hal ini semakin berbahaya karena bisa meningkatkan risiko penyakit lain seperti penyakit jantung, kebutaan, dan amputasi. Peneliti di University of Karachi di Pakistan melakukan penelitian terhadap tikus yang mengalami diabetes. Mereka menggunakan ekstrak asparagus dan obat anti-diabetes, glibenclamide, pada tikus selama 28 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak asparagus mampu menekan tingkat gula darah dalam dosis kecil. Sementara dalam dosis besar, asparagus juga diketahui mampu meningkatkan produksi insulin. Penelitian ini mendukung hasil penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada tahun 2006 yang menunjukkan bahwa asparagus mampu meningkatkan penyerapan glukosa hingga 81 persen lebih tinggi.
  7. Asparagus hijau dilaporkan jauh lebih menyehatkan daripada yang warnanya putih. Batangnya pun kaya akan vitamin A yang baik bagi mata, kalium yang mendukung kesehatan ginjal, dan mineral lainnya untuk meningkatkan sistem imun.

Itulah berbagai khasiat penting dari asparagus. 

Sekali-kali, olah asparagus dan makan sayuran menyehatkan ini demi mendapatkan khasiat kesehatannya.

Share this post :

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar :

• Jangan menggunakan bahasa yang tidak sopan dan mengandung Politik,
Sara, Pornografi serta Menyinggung.
• Bentuk komentar tidak bernilai keagamaan.
• Tidak di ijinkan menampilkan link (URL).
• Dilarang promosi saat berkomentar.

Jika melanggar kriteria di atas, maka admin berhak menghapus komentar tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung.
by Aneka Informasi

 
Design by: Darmanto.com. Modified by: Aneka Informasi
Copyright © 2012. Aneka Informasi . All Rights Reserved
Created by: Creating Website. Published by: Mas Template
Powered by Blogger
Top Bottom